Logo tidak hannya sekedar symbol,logo juga menampilkan semangat produk dan perusahaan, serta mengandung pesan kualitas dan identitas pengguna. Sebagian dari perencanaan corporate identity design, logo di ibaratkan sebagi bagian tubuh yang mengutarakan isi hati produk dan perusahaan. Dari sisi pemasaran,logo mempunyai fungsi identitas yang dapat membedakan sebuah produk dengan produk lainnya. Logo memiliki tren atau gaya yang cenderung berubah setiap periode tertentu. Berikut ini dalah beberapa tren desain logo saat ini antara lain :
1. Refinement
Gaya desain ini telah ada sejak beberapa tahun yang lalu, dipelopori oleh sebuah firma deain terkenal, Chermayeff & Geismar. Desain logo ini mengutamakan kesederhanaan sebagai cirri khas utama.
2. Spiral/Gelombang
Gaya geometri seringkali disebut dengan Vortex, dengan desain yang menyerupai gelombang yang menyebar dari sebuah titik tetesan air atau bentuk spiral yag digoreskan secara bebasseperti goresan crayon
3. Animorphic
Pengunaan binatang sebagai elemen desain logo juga merupakan tren desain logo terkini,dengan mengambil sisi positif karakter seekor binatang, lalu menjadikannya sebagai penunjang indentitas suatu perusahaan atau korporat, seperti karakter ikan paus yang digunakan Pacific life atau karakter rusa pada john Deere yang didesain ulang oleh Landor
4. Tetesan air
Gaya desain logo dengan bentuk visual tetesan air biasanya terdiri dari gabungan dua atau lebih tetesan air menjadi tren gaya desain lgo saat ini, Gaya visual desain ini dapat digunakan untuk menampilkan nuansa sains dan teknologi. Bentuk-bentuk tetesan air tersebut serigkali divisualisasikan secara flak untuk menambah kesan dimensinya.
5. Canted
Salah satu gaya desain logo yang unik dan menjadi tren adalah pengunaan bentuk geometri yang tidak memiliki arti simbolis khusus, tetapi kemudian diolah sedemikian rupa agar memiliki arti simbolis khusus. Salah satunya adalah benuk geometri canted atau bentuk geometri yang membentuk formasi longkaan atau bola.
6. Wajah
Bentuk grafis berupa wajah manusia juga telah menjadi gaya terkini untuk memberikan kesan akrab,bershabat, atau dapat juga merefleksikan interakrifitas. Dewasa ini, pengunaan desain wajah dibuat lebih simple dan kaya akan deformasi bentuk meskipun telah lama digunakan.
7. Bayangan
Efek bayangan juga menjadi gaya yang cukup banyak di pakai sebagai elemen penunjang desaim logo,Efek yang di hasilkan adalah gambaran ruang,grafitasi,maupun kedalaman. Selain itu, efek bayangan juga digunakan untuk merepresentasikan symbol-simbol yang memiliki arti khusus
8. Slinky
Dengan efek kurva geometri, gaya ini menjadi tren dalam desain logo saat ini. Bentuk kurva yan dignakannya seringkali bebentuk Spirograph, yang menghasikan kesan slinky,akurat,dan hi-tech.Bebeapa contoh desain logo slinky adalah logo Energex,Okamoto,dan Lixeon.
9. Warna Hijau
Tren pengunaan warna hijau terlebih karena impresi terhadap lingkungan hidup merupakan hal yang ingin di tonjolkan. Hal ini terjadi terutama pada perusahaan industry tertentu, yang menginginkan kesan akrab lingkungan karena selama ini impresi khalayak terhadap industry tersebut cenderung negative terhadap lingkunan.tren ini kemudian berkembang tidak hanya pada logo perusahaan industry, melainkan juga pada perusahaan piblik lainnya.
10. Ikon Foto
Gaya ini bisa dikatakan unik karena menggunakan visualisasi foto obyek-obyek sederhana yang ada di sekitar kita. Selain unik, desain logo ini juga memiliki kesan elegan, seperti halnya desain logo lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar